October 25, 2021

Hiring (lagi)

Atas undangan dari sebuah SMK, aku datang untuk melakukan presentasi mengenai perusahaanku dan tenaga kerja seperti apa yang aku cari. Bagi murid SMK, saat ini adalah masa tunggu ujian nasional yang akan dilakukan tanggal 16 – 17 April, setelah di minggu sebelumnya mereka menyelesaikan ujian praktek. Ternyata yang datang tidak hanya dari jurusan tata busana, tapi juga dari jurusan administrasi dan akuntansi. Setelah diperkenalkan oleh Kepala Sekolah, aku memulai presentasiku … sendirian. Suasana kelas riuh dan gaduh … bewhh .. aku berasa seperti ibu guru baru di hari pertama mengajar 🙂 Nggak mudah memfokuskan perhatian mereka, maklum anak-anak ABG. Di akhir presentasi, aku mempersilahkan bagi yang berminat untuk mengisi formulir pendaftaran, dan hari berikutnya aku undang mereka ke rumahku untuk mengikuti seleksi.
Tidak seperti pada waktu di kelas, mereka datang ke rumahku dengan style malu-malu. Berkenalan dengan mereka, banyak hal yang membuat hati tersentuh. Kebanyakan adalah anak-anak buruh, bahkan beberapa adalah anak panti asuhan! .. Wish I could give them a better future .. Tapi bagaimana pun, proses hiring tetap harus dilakukan secara profesional. Oya, selain mereka, ada beberapa orang dari kelurahan yang mengikuti seleksi, beberapa di antaranya sudah berpengalaman menjahit di perusahaan garment/konveksi. Jadilah, aku pilih 5 orang untuk bergabung di perusahaanku. Aku rasa, dengan 8 orang pegawai di masa awal perusahaan sudah lebih dari cukup. Banyak juga yang nanya ‘banyak amat? emang sudah ada order?’ hehehe .. ya belum, wong sistemnya aja belum ‘online’.
Kebayang kan? ada 8 orang yang ‘menggantungkan nasibnya’ padamu 🙂 .. banyak hal yang harus dipikirkan, apa yang dilakukan sampai bisnis ini berjalan normal? apa yang dilakukan jika bisnis ini tidak berjalan seperti yang diharapkan? .. There should be exit plans .. dan Insya Allah, semuanya sudah kupikirkan. Situasi ini memang seperti ayam dan telur (pegawai dulu atau order dulu?), tapi aku lakukan semuanya dalam rangka preparation.
Banyak juga yang nanya, kapan nih launchingnya? … ada beberapa hal yang masih harus diselesaikan .. penyelesaian sistem front end dan back end, pembuatan script/naskah dan image/pemotretan, melakukan campaign .. walaupun untuk campaign sudah aku mulai dari blog ini. Dari sejak publish di pertengahan Januari 2012 sampai saat ini sudah 1627 hit .. lumayanlah untuk seorang blogger pemula 🙂

6 thoughts on “Hiring (lagi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *