Akhirnya produk luriknya bisa tayang juga di website. Kalau kata teman, produk kali ini sedikit lebih advance dari yang sebelumnya ๐Ÿ™‚ .. Ya, makin lama seharusnya memang makin banyak belajar. Tapi kalau dibandingkan dengan ‘real designer’ memang masih jauhhh .. no prob, mari belajar lagi!

Banyak yang baru di website fitinline.com. Mulai dari katalog baru, tata letak informasi di homepage yang baru dan fitur-fitur serta layanan baru. Seperti judul catatan ini, kami sedang dalam proses bertransformasi :). Dari awal membangun bisnis ini, memang aku berkeinginan untuk menjadikan Fitinline berbeda dengan yang lainnya, bukan sekedar jualan baju atau kain batik atau online store biasa. Dan dalam perjalanku, aku merasa wajib untuk bertransformasi jika ingin maju. Dan akhirnya aku putuskan untuk membuat sebuah sewing portal! Ya, portal untuk segala hal yang berhubungan dengan jahit menjahit. Walaupun jualan bajunya akan ada, tentu karena Fitinline mempunyai brand produk baju sendiri.

Sejak fitinline mulai di-launching Mei 2012 sampai dengan saat ini, banyak sekali masukan, saran, kritik membangun dari teman-teman baik dari sisi penyajian layanan, produk sampai dengan design. Dari penyajian layanan dan produk, ternyata tidak mudah membuat sesuatu yang baru dan berharap orang dengan mudah bisa menerima.
“Kamu jualan baju untuk orang-orang hi-tech ya? Habis sistem yang kamu buat susah banget.”
Mosok mau beli baju aja susah, di mana-mana orang dikasih kemudahan bagaimana caranya bertransaksi kalo perlu pake cara yang paling instan!
“Pake ukuran standar S M L XL aja, jadi yang males ngukur bisa pake ukuran itu .. nah punya mu itu lebih keren, bisa provide ukuran yang sesuai tubuh kita, HANYA DENGAN kirim ukuran”.
Sepertinya memang benar begitu, sebelumnya Fitinline memang menghilangkan sama sekali pola-pola belanja baju online seperti pada umumnya. Untuk ke depannya, pendekatannya kita balik, mulai dari belanja baju dengan cara yang umum (memilih ukuran standar), tapi kita punya fasilitas untuk melakukan kustomisasi baik dari sisi ukuran maupun pilihan kain. Dan mudah-mudahan bisa jadi keunggulan dari layanan fitinline (istilah kerennya competitive advantage).

Untuk menarik minat user untuk mendaftar ke fitinline, kita tidak lagi menggunakan promo point untuk mengundang teman, tetapi dengan memberikan diskon langsung bagi member yang berbelanja produk Fitinline. Kalau dilihat di website-website lain, cara seperti ini sangat umum. Pengakhiran program promo ini tidak dilakukan dengan serta merta karenaย  program ini masih berlaku sampai akhir bulan ini, dan penukaran point bisa berlaku sampai kapan saja. Nantinya sih tidak menutup kemungkinan akan diadakan lagi program promo point lainnya .. tergantung sikon ๐Ÿ™‚ ke depannya, kita mau buat semacam program afiliasi karena sepertinya orang akan lebih tertarik dengan mendapatkan manfaat langsung daripada point. Untuk programnya sendiri masih dalam proses pengerjaan ๐Ÿ™‚

Dari sisi produk dan layanan, produk-produk baru yang kita buat adalah product ready to wear (pakaian siap pakai dengan ukuran-ukuran standar), selain itu kita juga mempunyai promo product sale. Fitinline juga menambahkan fitur seperti article, forum, pattern maker (walaupun saat ini masih ‘on the way’) .. dan fitur lainnya segera menyusul. Untuk article, nantinya akan berisi lebih banyak ke hal-hal yang berhubungan dengan jahit menjahit. Sedangkan forum adalah ruang konsultasi mengenai jahit menjahit dengan expertise kami di bidang ini. Ide ini datang dari kebutuhanku untuk belajar lebih lanjut mengenai fashion desain dan teknik jahit menjahit.
“Kamu bisa belajar 7 tahun di Jepang, dijamin setelahnya kamu akan menjadi sangat ahli” .. serius banget ya :). Belajar juga bisa dari buku, bisa dari orang lain atau dari praktek langsung. Aku mau belajar dan juga praktek langsung .. dan aku pikir tidak ada salahnya kalau apa yang aku pelajari juga aku share dengan orang lain .. jadilah aku minta dibuatkan artikel-artikel mengenai jahit menjahit plus layanan konsultasi bagi siapa saja yang membutuhkan, gratis!. Layanan ini akan menjadi salah satu keuntungan menjadi member Fitinline ๐Ÿ™‚

Untuk mewujudkan layanan ini, aku bekerja sama dengan seorang perancang. Beliau sudah mempunyai pengalaman 50 thn, dan pernah bekerja di rumah-rumah mode luar negeri, tentu banyak hal yang bisa dipelajari dari beliau. Beliau juga seorang pengajar di salah satu universitas di Yogyakarta dan sudah mengarang puluhan buku tentang fashion dan jahit menjahit. Waktu aku datang ke rumahnya dan mengutarakan niatku, beliau sangat tertarik untuk berpartisipasi. Dan berhubung kemaren terpotong beliau mesti ke luar negeri, jadi baik article maupun forum baru akan di-launching sekembalinya beliau dari luar negeri.

Untuk pattern maker, aku terinspirasi dari permintaan dari salah seorang teman untuk dibuatkan desain dan pola, dia sendiri mempunyai butik. Aku pikir, mungkin banyak yang membutuhkan layanan seperti ini. Wirausaha di bidang fashion di Indonesia jumlahnya ribuan, dan kalo di dunia mungkin jutaan. Di satu sisi, mereka adalah kompetitor, tapi di sisi lain, mereka adalah potential customer :), tergantung dari bagaimana kita melihatnya. Kalau di Indonesia mungkin layanan seperti ini belum ada (terutama yang online), tapi kalau di luar negeri layanan seperti ini sudah ada yang buatย  .. so tidak ada salahnya aku coba buat, modalnya? hanya menggambar dan pengetahuan mengenai pattern making :). Nantinya pola yang dibuat bisa dibeli dengan cari di-download (versi elektronik) maupun di-cetak (versi cetaknya). Yang menjadi menarik adalah karena segala sesuatu yang electronic-based, bisa menghilangkan batas geografis dan menekan biaya delivery.

Sebagai orang yang mempunyai background IT, mau nggak mau pikiranku tidak bisa lepas dari yang namanya sistem. Dari awal, aku sebenarnya sangat tertarik dengan salah satu software fashion design, tapi berhubung harga lisensinya buat aku sangat mahal, jadi aku pending dulu. Software ini sangat lengkap dari segi fitur, mulai dari pattern making, grading, sampai dengan virtual fitting dengan 3D model. Untuk industri garment/konveksi, software ini sudah dilengkapi dengan pattern marking, nesting yang bisa diintegrasikan dengan cutting machine. Mereka juga menyediakan web service untuk human body profiling dan virtual fitting room. Canggih lah! Untuk fitur pattern making di fitinline, software ini akan sangat membantu. Kalau sekarang, setiap membuat desain model, aku mesti buat sampai jadi bajunya, untuk benar-benar tau desain yang dibuat sudah sesuai apa belum. Dengan software ini, untuk mengetahui hasil jadinya, sudah ada fitur untuk fitting baju dengan model virtual. Kita bisa tahu jatuhnya potongan di badan secara cepat, dan bisa langsung melakukan perbaikan di pola dasarnya dan melihat kembali hasil perbaikannya. Produksi baru dilakukan setelah desain model yang dibuat sudah benar-benar ‘fit’. Ini menghemat material, tenaga kerja, waktu .. mudah-mudahan nanti bisa kesampaian punya software ini :).

Dari 4 bulan perjalanan Fitinline, sepertinya aku masih belum belajar menjadi pelaku bisnis yang sebenar-benarnya. Dari tukar pikiran dengan beberapa teman pelaku bisnis, ternyata membuat bisnis itu sangat simple, kalau hanya sekedar making money. “Parah”nya aku malah jadi lebih mirip seniman daripada pelaku bisnis. Bagaimana tidak? aku lebih suka melakukan apa yang aku suka daripada melakukan apa yang banyak orang suka :(. Ini seniman, apa sekedar egoisme ataukah idealisme? .. yang pasti cerita masih berlanjut ๐Ÿ™‚

It's only fair to share...Email this to someoneShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest